4 October

Ditulis di Opini | Tidak Ada Komentar

Broadcasting di jalur sempit BBM

Ketika siang hari atau malam hari, jalan-jalan umum di Jakarta relatif lancar, berbeda dengan kondisi saat-saat orang berangkat kerja atau pulang kerja, ditambah dengan bersamaannya waktu siswa sekolah berangkat dan pulang sekolah. Kondisi jalan penuh sesak, satu-satu bergantian melewati jalan yang tiap hari harus dilaluinya.

Kita pasti tahu bahwa kondisi di atas terjadi karena pada saat macet tersebut daya tampung jalan melebihi jumlah kendaraan yang lewat. Seperti halnya arus sungai yang melewati sebuah celah sempit, dimana pasti akan terjadi hambatan kecepatan dari laju aliran air. Hal ini biasa disebut dengan kondisi bottle-neck alias leher botol.

Bagaimana jika air yang melewati leher botol tersebut kekuatannya melebihi daya cengkram celah sempit yang harus dilaluinya? Beberapa kejadian sering kita lihat bendungan jebol gara-gara air sungai tiba-tiba menerjangnya, jembatan putus karena pondasinya menjadi penghambat laju air bermuatan penuh sampah.

Apa hubungannya dengan BBM/SMS? Kemarin tanggal 3 Oktober 2012 sore  pengguna Blackberry Messenger (BBM) tampak gelisah, melihat pesan yang dikirimkan selalu gagal. Tidak biasanya, kali ini setiap mengirim pesan, tanda silang merah muncul dan tidak ada pesan BBM baru yang diterimanya.

Beberapa jam kemudian mereka menerima pesan kira-kira begini isinya: “PENGGUNA “Blakberry :
Pesan ini untuk menginformasikan semua pengguna kami, bahwa server kami baru saja benar-benar penuh, jadi kami meminta bantuan Anda untuk memperbaiki masalah ini. Kita perlu pengguna aktif kami untuk mengirim ulang pesan ini ke semua orang di daftar kontak Anda untuk mengkonfirmasi pengguna aktif kami yang menggunakan BlackBerry Messenger, jika Anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak BlackBerry Messenger Anda  maka account Anda akan ditetapkan tidak aktif dengan konsekuensi dari kehilangan semua kontak Anda. Simbol akan mengupdate otomatis dalam “ Anda, ketika Anda menyiarkan pesan ini. Blackberry Anda akan diperbarui dalam waktu 24 jam itu akan memiliki baru lay out dan. warna baru untuk chatting. Dear Blackberry pengguna, Kita akan melakukan update untuk BBM dari 11:00 sampai 05:00 ini ke hari. Anda jika Anda tidak mengirimkan ini ke semua kontak Anda memperbarui Anda akan dibatalkan dan Anda tidak akan diizinkan untuk chatting dengan kontak Anda sebagai Anda memiliki version.If pic lama tampilan Anda tidak akan berubah, itu karena ‘Blackberry ‘adalah memperbarui, silahkan kirim pesan ini ke semua kontak
Bukan broadcast sembarangan
Ini serius!! Bisa di cek

Setelah membaca sekilas, sebagian pengguna BBM segera menuruti perintah yang ada dalam pesan tersebut dengan mem-forward pesan ke seluruh kontak yang dimilikinya. Jika kita hitung, jumlah karakter yang ada dalam BBM tersebut berjumlah sekitar 1.200 yang jika dianggap bahwa 1 karakter sama dengan 1 byte, maka kira-kira 1 pesan tersebut berukuran 1,2 KB.

Jika kita asumsikan bahwa rata-rata pengguna BBM memiliki kontak sebanyak 100, maka sekali kirim satu orang tersebut akan menempati spasi tempat penyimpanan (harddisk space) sebanyak 120 KB. Lalu jika 5 juta pengguna BBM di Indonesia serentak mengirimkan BBM ke seratus kontak yang dimilikinya, maka dalam sekejab mesin server BBM akan dibanjiri oleh 600.000.000 KB alias sekitar 600 TerraByte! Sebuah angka yang fantastis:)

Jika ternyata bahwa mesin server BBM yang konon tersimpan di Canada tiba-tiba penuh dengan BBM, lalu apa yang terjadi? Pada mesin server yang telah dilengkapi dengan pengamanan yang cukup, maka server tersebut akan memutuskan diri dari jaringan, namun pada mesin konvensional, maka server awalnya akan mual-muntah lalu tewas!

Haha, alangkah gampangnya orang membuat cara untuk membunuh suatu layanan publik dengan membanjirinya dengan SPAM. Jika hal ini terjadi berkali-kali, lama-lama layanan tersebut akan ditinggalkan oleh pecintanya. Kasihan sekali para pecinta messaging service termasuk BBM dan SMS yang belum mengetahui bahwa hal-hal semacam ini adalah semata-mata hanya tipuan dan membahayakan layanan yang dicintainya.

Rekans, mulai sekarang mari kita pastikan untuk meneliti terlebih dahulu setiap apa yang akan kita kirimkan melalui layanan messenger, selain isinya bisa terkait dengan delik hukum, broadcasting di jalur (sempit) BBM/SMS dapat membuat komunikasi kita dengan kontak dapat menjadi terganggu karenanya. Semoga bermanfaat. (abh/102012)

Tags:

Tinggalkan Pesan

Anda harus logged in untuk mengirim pesan.

Agus Budi Harto - Copyright © 2012 | All rights reserved.