23 February

Ditulis di Opini | Tidak Ada Komentar

Seberapa Kuat Password Anda?

Strong PasswordRasanya hampir semua dari kita telah terbiasa menggunakan password, sekelompok karakter yang kita gunakan untuk mengakses sebuah sistem, misalnya komputer, ATM, brankas, gadget, dll. Karena kita telah berada di era digital yang telah menyisip diantara aktivitas kehidupan. Ya, digitalisasi kehidupan menjadi suatu kebutuhan agar proses menjadi jauh lebih cepat secara signifikan.

Kita bahkan seringkali menyandarkan diri kepada teknologi sebagai penyokong digitalisasi ini, merasakan kenyamanan, lebih fokus kepada perbaikan proses daripada memikirkan bagaimana teknologi ini bekerja. Pernahkan kita membiarkan password yang diberikan oleh bank dan malas merubahnya? Urutan huruf ‘1234’ menjadi amat umum pada masa awal digunakannya mesin ATM dulu.

Apa yang sebenarnya terjadi pada saat itu adalah proses peningkatan kepercayaan kita kepada media pemroses digital, merasa bahwa uang dalam ATM, data dalam komputer, dan apapun yang kita simpan di dalam suatu media pemroses, telah kita lindungi dengan sebuah password, bahwa tidak ada satu orangpun yang tahu password kita, tidak peduli apapun password kita.

Namun setelahnya apa kemudian yang terjadi? “Dulu orang menyimpan uang di bawah bantal, di dalam celengan, tapi kini uang mengalir begitu mudah di jaringan komputer, informasi berharga banyak berkeliaran di udara melewati jaringan wifi,” begitulah jawab seorang hacker muda ketika ditanya alasan mengapa menjadi seorang hacker.

Berfikir terbalik kadang dapat menjadi metode untuk mencari tahu akar penyebab dari suatu masalah. Kita dapat membayangkan menjadi seorang maling untuk mencari tahu bagaimana maling bisa mencuri. Apa yang sebenarnya dipikirkan oleh seorang hacker ketika ingin mencuri password? “Pasti orang akan menggunakan password yang mengandung angka-angka tahun, yap! Tanggal lahir miliknya atau orang yang disayanginya.”

Beberapa hal yang sering dipikirkan oleh seorang hacker ketika hendak mencuri password korbannya adalah bahwa karena mudah diingat maka orang sering menggunakan password yang mengandung:

  1. Kata yang berhubungan dengan identitas pribadi misalnya tanggal lahir, nama kecil, dsb.
  2. Identitas orang yang disayang, atau binatang kesayangannya.
  3. Angka atau huruf yang berurutan misalnya ‘123456789’, “111111”, “abcdefg”, “qwerty”, dsb.
  4. Kata-kata jorok atau indah dan dapat ditemukan di dalam kamus bahasa.
  5. dsb.

Hal lain yang seringkali terjadi adalah ketika kita memiliki banyak akses, kita akan cenderung untuk menggunakan password yang sama untuk semua akses tersebut. Hal ini tentunya juga sudah diingat oleh hacker, sekali menemukan sebuah password, maka sistem lain akan langsung dicobanya menggunakan password yang sama. Bahkan pada sistem yang disediakan untuk banyak orang, password seringkali kita temukan ditulis di dinding.

Ada juga kebiasaan sebagian besar dari kita, menggunakan password yang sama bertahun-tahun tidak pernah diganti. Sejak awal memiliki account di bank, hingga kakek-nenek passwordnya sama. Saking merasa nyaman dan aman, barangkali password yang kita gunakan sudah ditelanjangi dan diedarkan secara gratis seperti yang ada di sini, atau di tempat lain yang makin banyak jika kita mencarinya di google.

Memilih password
Untuk mengatasi diaksesnya sistem kita maka dari sisi pemilihan password, maka mari kita gunakan strong password, password yang kuat adalah:

  1. Password yang tidak mengandung kata-kata yang mudah di tebak termasuk hal-hal dalam paragraf di atas.
  2. Jangan pernah menggunakan sebuah password yang sama untuk sistem berbeda.
  3. Gunakan selalu kombinasi angka, huruf dan karakter khusus.
  4. Jangan pernah menuliskan password dan meletakkannya di tempat terbuka.
  5. Buatlah password sepanjang mungkin namun tetap mudah diingat.
  6. Gantilah password secara sesering mungkin.

Tips membuat password yang kuat
Berikut adalah salah satu cara membuat password yang kuat:

  1. Ingatlah sebuah kondisi yang mudah kita ingat namun orang lain tidak tahu. Misalnya kata “Aku suka ngompol ketika kecil dulu.”
  2. Pilihlah 2 buah huruf dari masing-masing suku katanya. Kata di atas disingkat menjadi “aksungkekedu”
  3. Buatlah hurufnya menjadi besar kecil. Kata tersebut akan menjadi “aKsUnGkEkEdU”.
  4. Pilihlah huruf-huruf yang mirip angka atau karakter khusus dan gantilah. Maka kata tersebut akan menjadi “@K5Un6k3k3dU”
  5. Ujilah kekuatan password Anda tersebut di http://budiharto.net/kunci, ternyata untuk password ini membutuhkan sekitar 100.000.000 tahun untuk membobolnya!

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (abh/022013)

Tinggalkan Pesan

Anda harus logged in untuk mengirim pesan.

Agus Budi Harto - Copyright © 2012 | All rights reserved.