11 April

Ditulis di Opini | Tidak Ada Komentar

Memelihara Silaturrahim Menuai Rejeki

Blackberry sudah banyak dikenal, dan dengannya pula masyarakat kita akhirnya bisa juga dekat dengan dunia teknologi. Awalnya dulu handphone dapat dikatakan sebagai kebutuhan sekunder, hanya segelintir orang yang memilikinya. Namun kini, hampir semua orang memilikinya, satu keluarga dari bapak, ibu dan anak-anaknya, dari Barrack Obama hingga pengemis dijalanan masing-masing memiliki handphone. Bahkan lebih dari itu, satu orang dapat memiliki lebih dari satu handphone di badan.

Blackberry lebih spesifik memiliki komunitas khusus pengguna BBM (Blackberry Messenger), penggunanya merasakan adanya eksklusifitas pada kelompoknya, merasa berbeda dengan pengguna smartphone lainnya, “nggak pakai Blackberry, nggak keren,” katanya. Akhirnya fans BBM di negeri ini makin lama makin banyak mengalahkan pengguna smartphone lain. Kelebihan lainnya adalah paket akses Blackberry dari provider telekomunikasi memungkinkan pengguna berselancar ke internet melalui layar mungil.

Fitur grouping di BBM lebih memungkinkan pengguna BBM membuat kelompok-kelompok sesuai keinginan, dari mulai kelompok suatu alumni, kelompok pengajian, kelompok keluarga besar, kelompok satu RT dan lain sebagainya. Kemudian yang paling menarik adalah menjamurnya kelompok-kelompok promosi produk sebagai tempat memasarkan barang secara online. Jika dulu orang ingin menjual barang secara online harus mencari cara mendapatkan tempat di website penjualan, kini pengguna Blackberry tinggal membuat group, menyebarkan link ke sebanyak mungkin orang, lalu tinggal menunggu notifikasi pemesan dari Blackberry di tangan. Amat mudah.

Tampaknya hal ini sesuai benar dengan apa yang diajarkan dalam hadits dari Anas bin Malik Radhiallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu `Alaihi Wasallam bersabda: مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ “Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezkinya, & ingin dipanjangkan usianya, maka hendaklah dia menyambung silaturrahmi.” (HR. Al-Bukhari no. 5986) Bahwa tali silaturrahim antar keluarga termasuk di media sosial ternyata benar-benar dapat menambah rejeki.

Pembaca yang budiman, mari kita tingkatkan social networking kita dengan berbagai cara, selaraskan keberagaman untuk mencapai satu misi hidup yakni menjalankan ibadah sebaik mungkin agar memberikan manfaat sebaik mungkin kepada sebanyak mungkin makhluk Allah Subhanahu Wa Ta`ala. Abaikan ajakan makhluk hidup lain untuk memutuskan silaturrahim dan ajak semakin banyak keluarga kita untuk selalu memelihara tali silaturrahim.

Beberapa hal yang perlu menjadi catatan dalam menggunakan jejaring sosial agar menjadi manfaat termasuk menuai rejeki, coba terapkan 5 huruf ini sebagai salah satu pedoman, T H I N K:

  1. True: Apakah apa yang kita tuliskan di jejaring sosial adalah sesuatu yang benar?
  2. Helpful: Apakah apa yang kita lakukan di media akan membantu orang lain?
  3. Inspiring: Apakah tulisan kita dapat memberikan inspirasi bagi orang lain untuk berbuat kebaikan lain?
  4. Necessary: Apakah tulisan kita benar-benar diperlukan?
  5. Kind: Apakah tulisan kita baik adanya?

Semoga bermanfaat. (abh/042013)

Tags:

Tinggalkan Pesan

Anda harus logged in untuk mengirim pesan.

Agus Budi Harto - Copyright © 2012 | All rights reserved.