Upload, Sumbangkan Pengetahuan dan Pengalaman

Sudah sedemikian dibutuhkannya sehingga hampir pada setiap kesempatan diantara kita hampir selalu menyebut sebuah kata “GOGEL”. Tak lain adalah sebuah web berbentuk mesin pencari yang berada di domain google.com. Setiap kita membutuhkan sebuah informasi apapun temanya, seberapapun kesulitannya, kapanpun masanya, maka kita kemungkinan besar akan mengatakan satu kata itu.

Jika anak-anak kita sudah sekolah dan membutuhkan bantuan solusi dari kita sebagai orangtuanya, kemana lagi kita akan bertanya. Dapat kita bayangkan betapa repotnya kita saat ditempat pekerjaan bertemu dengan sebuah masalah dan membutuhkan bantuan solusi informasi yang tepat. Daripada membeli buku yang tentu akan memakan waktu, maka Mbah Gogel akan dengan setia membantu kita.

Keasyikan kita bermain tanya jawab dengan mesin pencari itu, sering membuat kita lupa bahwa kita hanya selalu berada di pihak penanya, dan gogel berada di pihak penjawab. Bahkan kita jarang terpikir bagaimana jika apa yang tertulis di lembar halaman hasil pencarian gogel tidak kita dapatkan? Jarang kita terpikir bahwa jawaban-jawaban itu telah ditulis oleh orang-orang yang menyempatkan waktunya untuk mengunggah (upload), berbagi pengetahuan dan pengalaman pada halaman-halaman web milik mereka.

Sudahkah kita terpikir, berapa kali kita telah menemukan jawaban dari gogel dan sebaliknya berapa kali kita telah berbagi tulisan untuk menyediakan jawaban bagi orang-orang lain? Andaikan semua penduduk bumi adalah tipe-tipe orang seperti kita yang hanya bisa berharap gogel menjawab, maka tidak akan ada satu jawabanpun tersedia di halaman hasil pencarian dan tentunya kita tidak akan bisa berharap apapun dengan teknologi mesin pencari.

Sumbangkan walau hanya sebuah kata
Dalam satu situasi pada awal tahun 2013, saya mendapatkan kesempatan untuk mengamati perkembangan pengawasan ketenagakerjaan di Indonesia. Jumlah pengawas tenaga kerja di tambah dan tentunya pelatihan yang memadai diberikan kepada mereka. Berbagai peraturan mulai dari undang-undang hingga keputusan menteri diberikan kepada mereka baik dalam bentuk buku-buku tebal hingga softcopy dalam keping CD. Dapat dibayangkan betapa repotnya calon-calon pengawas ini ketika menghadapi sebuah kasus harus mencari satu persatu halaman buku dan keping CD.

Mungkin mereka pada suatu saat akan bertemu dengan kondisi seimbang dimana pertumbuhan peraturan baru dan daya hafal mereka bertemu, mereka akan dengan mudah menentukan aturan mana yang paling tepat diberlakukan untuk kondisi tersebut. Namun pengawas-pengawas ini tidak boleh ditunggu kapan hafalnya karena mereka harus segera turun langsung ke lapangan menghadapi berbagai persoalan teknis ketenagakerjaan di lapangan.

Satu pemicu solusi untuk seluruh kebutuhan mencari informasi klausul hukum
Berdasar hal tersebut, saya ingin mencoba berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan informasi hukum tersebut terutama kepada para pengawas tenaga kerja muda. Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah, demikian bunyi dari Hadits HR. Muslim no. 1715. Mungkin pada awalnya ini adalah tidak seberapa, namun berharap setidaknya di bagian permulaan ini ketika mereka mencari sebuah atau padanan suatu kata, maka pasal-pasal terkait akan di highlight dan mereka akan lebih mudah menentukan pasal mana yang paling terkait dengan kasus yang sedang mereka tangani.

Sumberhukum.com adalah AWAL dari solusi ini dan merupakan bagian dari keinginan membuktikan bahwa kita tidak hanya bisa bergantung pada Mbah Gogel namun kita merupakan bagian dari para penyumbang jawaban di halaman hasil pencarian mesin terkenal itu. Semoga hal ini bisa menjadi teladan bagi kita-kita yang selama ini hanya menyimpan ilmunya di laci lemari, dengan menuliskannya pada lembar maya yang kita semua di dunia ini telah mulai bergantung kepadanya.

Demikian, semoga bermanfaat (abharto/022014)

2 thoughts on “Upload, Sumbangkan Pengetahuan dan Pengalaman

  1. Mengenai hak cipta, dapat kita lihat pada pasal 1 ayat 3 UU HAKI no. 19 tahun 2002 bahwa “Ciptaan adalah hasil setiap karya Pencipta yang menunjukkan keasliannya dalam lapangan ilmu pengetahuan, seni, atau sastra.” Dokumen Undang-undang dan aturan turunannya dibuat oleh negara untuk diketahui oleh seluruh rakyat Indonesia untuk dijalankan.
    Hukumonline.com membantu mensosialisasikan dan dokumen yang dibuatnya bukanlah hak cipta milik mereka sehingga menggunakan ulang bukan merupakan pelanggaran hukum, sebagaimana dikuatkan dalam privacy policy pada situs tersebut.
    Untuk menghargai karyanya, saya tidak menghapus identitas dokumen yang saya upload lagi, juga agar diketahui oleh pengguna dokumen bahwa jika terdapat kesalahan maka dapat merujuk ke situs tersebut, dan sejauh ini semua dokumen yang saya upload bukan berasal dari situs tersebut, melainkan dari peserta pendidikan pengawas ketenagakerjaan tahun 2013 di Jakarta yang dibagikan oleh Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. Terima kasih.

Leave a Reply