Generasi Jadul dalam Menjual

Percaya atau tidak, teori-teori tetang pemasaran jaman tahun 90-an masih efektif untuk tetap diterapkan pada saat ini, masih berlaku untuk beberapa hal seperti berikut ;

  • Bank kebaikan
  • Intuisi
  • Identifikasi  Tipikal
  • Penampilan

Bank kebaikan yang dimaksud adalah ; usaha untuk memahami  atau mengetahui kesukaan atau hobby diluar rutinitas kantornya ; olah raga yang disukai, makanan esukaan,sekedar  nyantai di café, pemandangan pantai, pemandangan hutan dll yang yang termasuk dalam kategori  hiburan dan informasi  hari ulang tahun keluarganya sehingga dapat ikut merasakan secara langsung sebagian kehidupan yang menyenangkannya.

Intuisi, definisi : daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati, hal ini yang menjadi hal penting tentang kondisi yang kita yakini tentang bisnisnya kedepan, keuangan, prospek pengembangan atau sebaliknya.

Identifikasi Tipikal, kebiasaan yang dilakukan saat berkomunikasi, mendengar, aktif berbicara, tampilan data yang rapi  dan berwarna, berbicara teknis atau aplikasi sederhana untuk memposisikan diri sebagai lawan yang cocok.

Penampilan, kritis dalam menilai untuk dipilh sebagai rekanan dilihat dari, kerapian, kebersihan, sopan dalam berbicara.

Sebelum kita memulai langkah langkah untuk melakukan ke empat hal tersebut, terlebih dahulu kumpulkan data melalui internet, profil perusahaan calon pelanggan tersebut, hindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak disukai misalnya : jenis usahanya, revenue-nya, jumlah karyawan, dll. yang bersifat informasi umum, karena akan dianggap pemula dan tidak cocok sebagai rekanan.

Penyampaian ini adalah hanya bentuk tulisan sebagai print out memori yang masih tersimpan di kepala, bukan untuk mengajari dan bukan sebagai perbandingan dengan teori-teori pemasaran modern.

Ditulis oleh : Eddi Joko (jokoed7[at]gmail.com)