Pengangguran dan Pencarian Lowongan Kerja

Pengangguran ternyata bukanlah masalah bagi para segelintir orang yang benar-benar terdesak untuk sekedar  mencari makan bahkan untuk sehari berikutnya, namun hal ini sudah menjadi masalah besar negara kita Indonesia. Dalam data statistik Badan Pusat Statistik disebutkan, bahwa tingkat pengangguran di Indonesia menurun dari 6,18% di tahun 2015 hingga 5,33% di 2017. Menyenangkan jika terkecoh melihat garis grafik yang menurun, namun jika kita hitung, 5,33% bukanlah angka
yang kecil.

Di dunia digital kini, berbagai cara untuk mempermudah saudara-saudara kita yang sedang kesulitan bertemu untuk menawarkan keahliannya kepada para pemilik kerja yang juga tidak mudah mencari para calon yang sesuai dengan kebutuhannya. Berbeda dengan jaman dulu yang benar-benar terasa tidak ada media komunikasi selain berita lowongan kerja di koran-koran dan siaran radio, kini telah ada beberapa media pencarian lowongan pekerjaan di internet yang dapat digunakan oleh para pencari kerja.

Namun demikian, bukan cyberworld namanya jika kenyamanannya tidak diiringi dengan adanya potensi risiko penipuan. Tidak sedikit bahkan informasi lowongan pekerjaan digunakan untuk berbagai tujuan negatif oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dari misalnya mulai dengan untuk tujuan mengumpulkan sebanyak mungkin identitas pelamar yang datanya diperjual belikan, hingga memperdaya para calon pekerja dengan iming-iming memperoleh pekerjaan dengan syarat membayar sejumlah dana.

Memilih mesin pencari lowongan yang dapat dipercaya tidaklah mudah, karena visualisasi front-end tidak menunjukkan adanya perbedaan antara mesin pencari yang profesional dan sebaliknya. Mesin pencari yang baik dan aman tidak hanya ditunjukkan oleh jumlah ribuan data lowongan yang ada, namun jangan-jangan tidak semua informasi yang ditawarkan tidak valid dan bahkan bercampur dengan informasi lowongan pekerjaan palsu.

Mesin pencari Jooble.org digadang-gadang merupakan mesin pencari sekelas google atau yahoo namun lebih fokus menyajikan lowongan pekerjaan. Artinya bahwa kuantitas informasi data lowongannya berasal dari berbagai macam situs di seluruh dunia, namun sengaja diolah dan yang lebih penting dimoderasi secara berurutan oleh beberapa departemen yang didirikan oleh Jooble sehingga menghasilkan informasi lowongan pekerjaan yang benar-benar bersih dari penipuan. Semoga niat baik yang dilakukan oleh tim Jooble benar-benar dapat membantu menurunkan tingkat pengangguran khususnya di negara kita lebih cepat hingga titik nol.

Semoga bermanfaat (abharto/112017)